Angsret

Gambar Tegakan
Gambar Buah
Gambar Daun

Deskripsi: Menurut E.J.H. Corner, F.R.S., pohon ini tingginya mencapai 70 kaki, jenis pohon evergreen dengan puncak yang tebal berwarna hijau agak gelap.  Batang pohon beralur jelas hingga kepangkalnya.  Kulit kayunya berwarna putih kekuningan atau keabu-abuan dengan tekstur halus.

Daunnya berukuran 1-2 kaki dengan tangkai lurus berjumlah 5-6 lembar berbentuk ellips, asimetris pada pangkalnya dan berwarna hijau terang hingga gelap dengan beberapa tonjolan berwarna kuning.  Bunganya berukuran 4x2 dengan aroma bawang putih, kelopak bunga berukuran 2, cokelat dan agak berbulu.  Buahnya berukuran 6-9 x 1 3/4, tebal, keras, berwarna cokelat gelap.  Sering terbelah pada satu sisi, bijinya berukuran 1 dengan warna putih kepekatan.  Pohon ini berasal dari Afrika Barat, ditanam di Malaya sebagai Taman atau tanaman pinggir jalan.  Sering ditemukan di hutan-hutan yang telah ditebang dan tumbuh liar.  Tapi jarang berbuah di Malaya.

 

Manfaat: Menurut C.G.G.J. van Steenis, pohon ini bisa dipakai untuk taman dan jalan.  Bunga-bunganya dikunjungi burung-burung dan kelelawar.

Sumber : Perpustakaan Kehutanan