C. Tomentusum

Deskripsi: Menurut Stevens, pohon ini bentuknya lurus dengan tinggi antara 12-30 m, terkadang batangnya kecil. Kulit kayu bagian luar sangat tebal dan cukup lebar, berwarna cokelat kemerahan dengan panel-panelnya abu-abu atau kekuningan. Kulit permukaan dalamnya tumpul berwarna kekuningan.  Sedangkan kulit kayu di bawahnya kemerahan, dan kulit  bagian dalamnya merah kecokelatan.  Getahnya berwarna kuning, bersih, dan melekat.  Dahan-dahannya berjumbai.  Memiliki daun 3-5 dengan panjang 1 1/4 - 2 inc, berkulit semu dan bersinar.

Bunganya harmaprodit dengan tepal 8, dua bunga bagian luarnya berbentuk bulat telur sampai sub orbikular berjumlah 4-6 dengan panjang 4-4,5 mm.  Kelopak bunganya bulat.  Buahnya licin, berbentuk bulat sampai ellip dengan panjang 1,6 - 2 cm, tebal 1 mm dan berwarna cokelat kering. Pohon ini tumbuh di hutan hujan tropis pada ketinggian 200-800 m.  Pohon ini dilaporkan berbunga pada bulan Nopember dan April.  Sedangkan berbuahnya pada bulan Maret dan Juni.

 

Manfaat: Kayu pohon Collophyllum tomentosum Wight dipakai untuk bangunan. Sedangkan minyak yang dihasilkan oleh pohon ini dipakai untuk menyembuhkan penyakit kulit. (Stevens, 1980).