Khaya

Gambar Tegakan
Gambar Buah
Gambar Biji
Gambar Daun

Deskripsi: Pohon besar, tinggi mencapai 60 m.  Batang bulat, bercabang banyak;  kulit di cabang-cabang muda halus, warna kelabu cokelat tapi halus, kadang-kadang berbintik-bintik abu-abu dan cokelat, mengelupas pada cabang-cabang batang yang lebih tua.  Daun majemuk, tersusun berselang-seling, jumlah anak daun 3-7 pasang selebaran, ukuran anak daun 150-300 mm panjang dan hijau mengkilap gelap, pangkal anak daun meruncing untuk sedikit asimetris, halus dan mengkilap, tepi anak daun rata.  Bunga muncul dalam bercabang di ujung cabang, putih, diameter bunga hingga 10 mm, bunga betina dan jantan terpisah pada pohon yang sama.  Buahnya keras, oval, membelah sampai dengan 60 mm diameternya, dengan 4 atau 5 katup.

Pohon khaya tumbuh pada dataran rendah sampai berbukit-bukit, pada ketinggian 50-600 m dpl, daerah curah hujan 1500-3000 mm per tahun, temperatur 20-26,5 derajat C, kelembaban 72,88%, tanah liat, berpasir, ph 4,3-6,4. (Masano, 1997).

 

Manfaat: Kayu berwarna kemerah-merahan, dipergunakan untuk keperluan bahan kayu lapis, mebel, dan perkakas rumah tangga.  Sangat baik untuk membuat perahu.  Kulit kayunya untuk obat sakit pilek, rasa pahit mirip dengan kina.  Minyak dari biji digosok ke kulit kepala untuk membunuh seranggga. (htt://www.plantzafrica.com/plantklm/khayaantho.htm).

Sumber : Pepustakaan Kehutanan