Duhat/Jamblang

Deskripsi: Batang pohon Jamblang mempunyai ciri khas kokoh dan tumbuh menjulang. Pohon Jamblang dapat tumbuh pada kisaran 10 hingga 20 m.  Selain kokoh dan tinggi, batangnya juga cukup tebal dan pertumbuhannya sering bengkok dengan percabangan yang cukup banyak. Daun jamblang berwarna hijau dengan sistem pertulangan menyirip.  Jika diperhatikan sekilas, secara fisik daun jamblang cukup tebal dan lebar dengan tangkai daun kurang lebih memiliki panjang 1 cm sampai 3,5 cm.  Bentuk daunnya mirip daun baji yang mengkilap dengan panjang antara 7-16 cm dan lebarnya kurang lebih 9 cm. 

Habitat asal pohon Jamblang adalah wilayah subtropis yang berada disekitar Pegunungan Himalaya.  Beberapa kawasan yang masuk kedalam wilayah ini antara lain Srilanka dan India.  Tanaman Jamblang juga banyak dibudidayakan dikawasan Malaysia, Indonesia, hingga Australia dan saat ini telah tersebar ke seluruh negara.

 

Manfaat: Bagian buah dan biji pohon Jamblang mempunyai banyak sekali kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.  Buah Jamblang kerap dipakai sebagai ramuan herbal untuk mengobati dan mengatasi berbagai penyakit. Pada buah Jamblang terkandung zat bermanfaat antara lain asam organik, minyak atsiri, resin, tanin, fenol, alkaloid, asam elagat, triterpenoid, dan corilagin.  Sementara di dalam bijinya mengandung myristic acid, olei acid, palmitic acid, vernolic acid, dan sterculiad acid.

Pohon Jamblang mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat kehidupan manusia.  Khasiatnya cukup beragam termasuk untuk kecantikan, namun pemanfaat yang utama sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.