Biodata

Prof. Dr. Bungaran Saragih
Masa Bakti : 26 Agustus 2000 - 23 Juli 2001
Tempat, Tanggal Lahir : Pematang Siantar, Sumatera Utara , 17 - April - 1945
Menteri Pertanian dan Kehutanan

Deskripsi

Bungaran Saragih lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara pada 17 April 1945 dikenal sebagai salah satu pengamat masalah pertanian yang cukup disegani. Menyelesaikan pendidikan strata satu di Fakultas Pertanian IPB bidang Sosial Ekonomi pada 1971. Gelar master diraih dari North Carolina State University, Amerika Serikat pada tahun 1977. Darikampus yang sama dia meraih gelar doktor di bidang ekonomi pada tahun 1980.

Bungaran terjun ke dunia pendidikan selepas menyelesaikan pendidikannya di Amerika dan mengajar di almamaternya. Sebagai ahli di bidang ekonomi pertanian, tulisannya sering dimuat di sejumlah media massa terkemuka. Bungaran dikenal sebagai pengamat pertanian yang cukup disegani karena percikan pikirannya yang jernih dan tajam.

Bungaran tercatat sebagai dosen di Institut Pertanian Bogor sejak tahun 1971 sampai sekarang. Pada tahun 1997 sampai tahun 2000 dia dipercaya menjadi Staf ahli Kompartemen Pertanian dan Agrobisnis Kamar Dagar Indonesia.Presiden Abdurrahman Wahid memilih Bungaran Saragih sebagai Menteri Pertanian dan Kehutanan dalam Kabinet Persatuan pada 26 Agustus 2000 sampai 23 Juli 2001. Bungaran menggantikan Mohammad Prakosa Ketika kursi kepresidenan beralih ke Megawati Soekarnoputri pada tahun 2001,jabatan Menteri Pertanian tetap dipercayakan kepada Bungaran Saragih. 

Kemampuan Bungaran dalam menganalisa masalah pertanian dan pangan sangat menonjol. Pada tahun 1979 dia mendapat penghargaan Gamma Sigma Delta, penghargaan Masyarakat Pertanian Internasional untuk prestasi akademik istimewa yang diraihnya. Analisanya di berbagai media juga menunjukkan kemampuan Bungaran sebagai ahli yang mampu memberikan cakrawala pemikiran baru dalam dunia pertanian.

Sumber : Perpustakaan Kehutanan