Biodata

Dr. Ir. H. Marzuki Usman, M.A.
Masa Bakti : 2001
Tempat, Tanggal Lahir : Mersam, Jambi , 30 - Desember - 1943
Menteri Kehutanan

Deskripsi

Marzuki Usman lahir di Mersam, Jambi pada 30 Desember 1943 Pendidikan dasar, menengah, dan atas diselesaikan di kota kelahirannya. la memperoleh gelar sarjana ekonomi dari Fakultas Ekonomi jurusan Keuangan dan Perbankan, Universitas Gajah Mada pada tahun 1969 Gelar Master of Arts in Economics dia peroleh dari Duke University, Durham, North Carolina,Amerika Serikat pada tahun 1975. Kariernya di bidang pemerintahan dimulai sebagai staf Direktorat Jenderal Keuangan, Depar temen Keuangan pada tahun 1969. Lalu pada tahun 1988, dia dipercayakan menjadi Ketua Badan Pelaksana Pasar Modal hingga tahun 1991. 

Setelah jabatan itu berakhir Marzuki menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan, Departemen Keuangan sampai tahun 1995. Dia juga dipercayakan menjabat Kepala Badan Analisa Keuangan dan Moneter Departemen Keuangan sejak 1995 sampai 1998.Pada tahun 1998 ia menjabat sebagai Sekretaris Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara.


Di masa Pemerintahan Presiden BJ Habibie, ia menjabat sebagai Menteri Pariwisata, Seni, dan Budaya pada tahun 1998-1999. Kemudian pada tahun 1999 dia diangkat sebagai Menteri Negara Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).Dan di masa Presiden Abdurrahman Wahid dia menggantikan Nurmahmudi Ismail sebagai Menteri Kehutanan

Jika melihat biografi dan karirnya, Marzuki tidak pernah bergelut di bidang kehutanan. Tapi, Marzuki Usman sangat yakin bisa melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai Menteri Kehutanan.Alasannya yang dia gunakan cukup sederhana yakni tanah kelahiran di Jambi adalah kawasan hutan dan dia merasa berasal serta hidup dari hutan. la belajar tentang kehutanan secara otodidak.

Sumber : Perpustakaan Kehutanan