Biodata

Muhammad Prakosa
Masa Bakti : 2001 - 2004
Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta , 4 - Maret - 1960
Menteri Kehutanan

Deskripsi

Muhamad Prakosa lahir di Yogyakarta pada 4 Maret 1960. Menyelesaikan pendidikan dasar, menengah, dan atas di kota kelahirannya dan melanjutkan kuliah juga di kota kelahirannya. Perkenalan Prakosa dengan kehutanan dimulai sejak kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang diselesaikan pada tahun 1982 Pendidikannya berlanjut di Forest Economics, University of Tennessee Knoxville, Amerika Serikat yang ditamatkan pada tahun 1989 dengan meraih gelar M.Sc. Gelar doktor diselesaikan di Resource Economics and Policy,University California Berkeley, Amerika Serikat pada tahun 1994.

Perjalanan karirnya cukup menarik. Sebelum diangkat sebagai Menteri Pertanian pada era Presiden Abdurrahman Wahid, dia pernah menjadi Waki Kapala Perwalkdan Food and Agriculture Organization, organisasi dibawah naungan PBB di Jakarta. Terpilihnya Prakosa menjadi Menteri Pertanian hanya berlangsung sejak 29 Oktober 1999 sampai 26 Agustus 2000 Meski diberhentikan di tengah jalan, karirnya tetap benderang setelah Megawati dilantik menjadi Presiden pada tahun 2001.

Megawati Soekarnoputri yang dilantik sebagai Presiden Indonesia dalam Sidang Umum MPR tahun 2001 menunjuk Muhammad Prakosa sebagai Menteri Kehutanan. Pilihan ini tidak lepas dari latar belakang pendidikan Prakosa yang mendalami manajemen kehutanan. Selain itu Prakosa sebelumnya aktif di PDI Perjuangan dan bergabung dalam Badan Penelitian dan Pengembangan DPP PDI Perjuangan. Prakosa menikah dengan Sri Agustini yang memberinya tiga orang anak yakni Nurul Anjalna dan Ahmad Eka Perkasa (kembar), serta Ahmad Rangga Buana.

Sumber : Perpustakaan Kehutanan