Kantil Kuning

Gambar Tegakan

Deskripsi: Pohon sedang sampai besar, tinggi mencapai 35 m.  Batang silindris, tegak, diameter sampai 50 cm. Permukaan pepagan berwarna cokelat pucat keputih-putihan, dan licin.  Daun tunggal, kedudukan  spiral, bentuk jorong atau bulat telur, berukuran 10-30 cm x 4-10 cm, permukaan bawah pada urat utama dan sekunder berbulu, sering tidak berbulu, ujung lancip, pangkal membulat.  Panjang tangkai 1,4-3,6 (-4) cm.Bunga kuning oranye tua dan berbau harum, tersusun dalam untaian yang banyak dan daun pelindung bunga berbulu. Buah cokelat terdiri dari 2-6 biji.  Kayu ini termasuk ke dalam kelas awet II (Oey, 1990).

Pohon kantil kuning ditemukan tumbuh tersebar di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan Bali.  Tumbuh di hutan hujan tropika dataran rendah dan pegunungan sampai ketinggian 2800 m dpl. 

 

Manfaat: Kayu ini dapat digunakan sebagai konstruksi ringan, papan lantai, rangka pintu jendela, gerobak, mebel, moulding, ukiran dan barang bubutan.  Selain itu dapat digunakan untuk venir dan kayu lapis.

Sumber: Atlas Kayu Indonesia jilid IV.